Potorono Education Park (PEP) adalah salah satu objek wisata baru berbasis pendidikan di Dusun Salakan, Kelurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Permasalahan yang muncul adalah pengembangan PEP baru sebatas adanya animatronik dinosaurus, belum dibarengi dengan edukasi dan literasi mengenai dinosaurus. Tujuan dari pelatihan ini adalah melakukan sosialisasi desa wisata berbasis literasi sains kepada pengurus PEP dan pemuda-pemudi Setya Bakti. Metode yang digunakan dalam persiapan dan sosialisasi adalah ceramah dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan pengetahuan peserta kegiatan. Sebelum pengabdian dilaksanakan pengetahuan peserta sebesar 67,25% dan setelah pengabdian menjadi 87%. Hal itu menunjukkan bahwa pengabdian yang dilakukan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta. Peserta yaitu pengurus PEP dan pemuda pemudi Setyabakti menjadi meningkat pemahamannya tentang desa wisata berbasis literasi sains dan dinosaurus. Strengthening the literacy-based Potorono Education Park (PEP) Tourism Village Abstract: Potorono Education Park (PEP) is a new education-based tourist attraction in Salakan Hamlet, Potorono Village, Kapanewon Banguntapan, Bantul Regency. The problem that arises is that the development of PEP is only limited to the presence of animatronic dinosaurs and has not been accompanied by education and literacy about dinosaurs. This training aims to socialize scientific literacy-based tourism villages to PEP administrators and Setya Bakti youth. The methods used in the preparation and socialization are lectures and questions and answers. The result obtained is an increase in the knowledge of the activity participants. Before the service was carried out, the participants' knowledge was 67.25%, and after the service, it was 87%. This shows that the dedication carried out increased the participants' knowledge. The participants, namely the PEP board and the Setyabakti youth, increased their understanding of scientific literacy-based tourism villages and dinosaurs.
Copyrights © 2024