Abdimas Dewantara
Vol 7 No 1 (2024)

Penguatan Desa Wisata Potorono Education Park (PEP) berbasis Literasi

Purwanti, Siwi (Unknown)
Setyaningrum, Fery (Unknown)
Ma’rifah, Destri Ratna (Unknown)
Sabri, Sabri (Unknown)
Febrianti, Novi (Unknown)
As-Shalikhah, Tsaqufa Najiba (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Potorono Education Park (PEP) adalah salah satu objek wisata baru berbasis pendidikan di Dusun Salakan, Kelurahan Potorono, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul. Permasalahan yang muncul adalah pengembangan PEP baru sebatas adanya animatronik dinosaurus, belum dibarengi dengan edukasi dan literasi mengenai dinosaurus. Tujuan dari pelatihan ini adalah melakukan  sosialisasi desa wisata berbasis literasi sains kepada pengurus PEP dan pemuda-pemudi Setya Bakti. Metode yang digunakan dalam persiapan dan sosialisasi adalah ceramah dan tanya jawab. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan pengetahuan peserta kegiatan. Sebelum pengabdian dilaksanakan pengetahuan peserta sebesar 67,25% dan setelah pengabdian menjadi 87%. Hal itu menunjukkan bahwa pengabdian yang dilakukan berhasil meningkatkan pengetahuan peserta. Peserta yaitu pengurus PEP dan pemuda pemudi Setyabakti menjadi meningkat pemahamannya tentang desa wisata berbasis literasi sains dan dinosaurus.   Strengthening the literacy-based Potorono Education Park (PEP) Tourism Village   Abstract: Potorono Education Park (PEP) is a new education-based tourist attraction in Salakan Hamlet, Potorono Village, Kapanewon Banguntapan, Bantul Regency. The problem that arises is that the development of PEP is only limited to the presence of animatronic dinosaurs and has not been accompanied by education and literacy about dinosaurs. This training aims to socialize scientific literacy-based tourism villages to PEP administrators and Setya Bakti youth. The methods used in the preparation and socialization are lectures and questions and answers. The result obtained is an increase in the knowledge of the activity participants. Before the service was carried out, the participants' knowledge was 67.25%, and after the service, it was 87%. This shows that the dedication carried out increased the participants' knowledge. The participants, namely the PEP board and the Setyabakti youth, increased their understanding of scientific literacy-based tourism villages and dinosaurs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimasdewantara

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Abdimas Dewantara menerbitkan memuat tulisan-tulisan hilirisasi penelitian pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatanpartisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Artikel ...