Abdimas Dewantara
Vol 7 No 1 (2024)

Pelatihan penggunaan Canva dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah Sumbang

Kusuma, Anggun Badu (Unknown)
Setyaningsih, Eka (Unknown)
Jaelani, Anton (Unknown)
Israhayu, Eko Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2024

Abstract

Pada saat ini kemampuan penggunaan teknologi dalam pembelajaran merupakan suatu kebutuhan. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi Canva dalam pelaksanaan pembelajaran untuk guru-guru di SMP Muhammadiyah Sumbang. Metode kegiatan ini dilakukan dengan ceramah, diskusi, tanya jawab, praktik, dan pemberian tugas. Tahapan kegiatan terdiri dari: (1) pemaparan pentingnya media teknologi dalam pembelajaran, (2) praktik pembuatan media pembelajaran menggunakan canva, dan (3) pendampingan dalam membuat media pembelajaran menggunakan canva. Luaran dari kegiatan pelatihan ini adalah kemampuan guru dalam membuat presentasi dan video pembelajaran menggunakan canva. Hasil dari pelatihan ini adalah guru mampu mengumpulkan file presentasi pembelajaran menggunakan canva. Selain itu, berdasarkan hasil angket diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan sesuai dengan kebutuhan guru dan guru mengharapkan agar dilakukan pelatihan-pelatihan lain pada periode selanjutnya.   Training on using Canva in learning at Muhammadiyah Sumbang Middle School   Abstract: At this time, the ability to use technology in learning is necessary. This activity aims to improve teachers’ skills in using the Canva application in implementing learning for teachers at Muhammadiyah Sumbang Middle School. This activity is carried out by lectures, discussions, questions and answers, practice, and giving assignments. The stages of the training consist of (1) a presentation of the importance of technological media in learning, (2) the practice of making learning media using Canva, and (3) assistance in making learning media using Canva. The output of this training activity is the teacher’s ability to make presentations and learning videos using Canva. The result of this training is that teachers can collect learning presentation files using Canva. In addition, based on the questionnaire results, it was concluded that the movement was following the teacher’s needs, and the teacher hoped that other training would be carried out in the next period.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimasdewantara

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Abdimas Dewantara menerbitkan memuat tulisan-tulisan hilirisasi penelitian pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatanpartisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Artikel ...