Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 3 (2025): Volume 8 No. 3 Tahun 2025

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENIGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA KELAS 2 DI MADRASAH IBTIDAHIYAH BENDET KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG

Khoir, Ila Nasichatul (Unknown)
Waslah, Waslah (Unknown)
Huda, Saihul Atho A’laul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Metode pembelajaran yang efektif memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu pendekatan yang inovatif adalah metode mind mapping, yaitu teknik visualisasi yang membantu siswa mengorganisasikan informasi secara terstruktur dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran serta dampaknya terhadap pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan melibatkan siswa dari berbagai jenjang pendidikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan dibandingkan dengan metode konvensional. Hal ini disebabkan oleh kemampuan mind mapping dalam memfasilitasi hubungan antar konsep, mempermudah pengingat informasi, serta meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dengan demikian, metode ini dapat diimplementasikan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...