Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) merupakan inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kesehatan sejak usi dini melalui lima fokus utama, yaitu sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalam guru dalam implementasi program GSS di tingkat pendidikan anak usia dini, khususnya dalam strategi pelaksanaan, tantangan yang dihadapi, serta respon orang tua dan siswa terhadap pembiasaan hidup sehat di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuliatatif desain naratif. Partisipan terdiri dari tiga orang guru di TKIT Al Madina Kabupaten Kapuas yang di pilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, kemudian di analisis menggunakan tahapan reduksi, penyajian, dan verfikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi GSS berdampak positif terhadap pembudayaan hidup bersih dan sehat di sekolah. Guru berperan sebagai teladan dan fasilitator pembiasaan, sementara dukungan orang tua berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan praktik sehat di rumah. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingya kolaborasi sekolah dan keluarga dalam membentuk karakter anak yang sehat secara fisik, mental, dan sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025