Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

Efektivitas Penggunaan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Hukum Newton pada Siswa SMA

Ula, Arifa Syilfisia Ula (Unknown)
Vika Aulia, Ernita (Unknown)
Arif Mahdiannur, Muhamad (Unknown)
ula, arifa syilfisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan simulasi PhET (Physics Education Technology) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep Hukum Newton melalui pendekatan studi literatur. Kajian ini didasarkan pada analisis terhadap sembilan artikel jurnal nasional yang diterbitkan antara tahun 2016 hingga 2025 dan membahas penerapan PhET dalam pembelajaran fisika. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan simulasi PhET secara konsisten mampu meningkatkan pemahaman konsep, hasil belajar, serta aktivitas belajar siswa. Melalui simulasi virtual, siswa dapat memvisualisasikan hubungan antara gaya, massa, dan percepatan sehingga konsep yang abstrak menjadi lebih konkret dan mudah dipahami. Sebagian besar penelitian melaporkan peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain berkisar antara 0,58 hingga 0,79 (kategori sedang hingga tinggi). Selain itu, tingkat aktivitas belajar siswa mencapai 85–90%, menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, simulasi PhET terbukti efektif dan inovatif sebagai media pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan literasi sains, khususnya pada materi Hukum Newton

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...