Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 4 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: Oktober

Analisis Kesulitan Belajar pada Materi Kalimat Transitif dan Intransitif Pelajaran Bahasa Indonesia

Anwari, Firda (Unknown)
Akmal, Rudi (Unknown)
Fatonah, Nurul (Unknown)
firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa kelas IV SD dalam memahami kalimat transitif dan intransitif, beserta upaya mengatasinya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di salah satu SD di Kabupaten Garut, kesulitan tersebut disebabkan oleh faktor internal (motivasi rendah, kebingungan konsep, kurang fokus) dan faktor eksternal (metode monoton, kurangnya contoh konkrit). Hal ini tercermin dari ketidakmampuan siswa dalam mengidentifikasi objek, membuat contoh yang tepat, dan membedakan jenis kalimat. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan wawancara, tes, dan dokumentasi, penelitian ini menemukan bahwa metode interaktif, media visual, latihan yang konsisten, dan dukungan guru sangat penting untuk meningkatkan pemahaman. Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa adalah kuncinya.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...