Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2023): July - December 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Sagita, Nurlia (Unknown)
Ikashaum, Fertilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Hasil belajar siswa yang tergolong rendah diduga dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive yaitu dengan meminta rekomendasi dari guru matematika serta melihat rata-rata nilai UTS. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa adalah hasil posttest sebanyak 4 butir soal. Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,615 < 0,05, sehingga H0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh hasil belajar siswa terhadap penerapan model problem based learning pada kelas VIII SMPN 6 Metro.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...