Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2023): July - December 2023

Buku Ajar Pecahan Berorientasi pada Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Riset Pengembangan pada Siswa Sekolah Dasar

Rismala, Rismala (Unknown)
Ilyas, Muhammad (Unknown)
Ma'rufi, Ma'rufi (Unknown)
Patmaniar, Patmaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: strategi yang digunakan dalam mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan dan untuk mengetahui efektifitas buku ajar matematika materi pecahan dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah pada siswa kelas IV SD. Pengembangan media pembelajaran yang dilakukan berdasarkan prosedur penelitian & pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku ajar matematika yang berorientasi pada pemecahan masalah pada materi pecahan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar matematika berorientasi pemecahan masalah pada materi pecahan di kelas IV SDIT Insan Madani Palopo, berada pada kategori valid. Dilihat dari nilai rata-rata validasi buku ajar matematika berorientasi pemecahan masalah dengan kategori sangat valid, praktis, dan efektif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...