Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): January - March 2024

Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras

Indrawati, Nenny (Unknown)
Nuramilan, Nuramilan (Unknown)
Amin, Nursafitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Beragam kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema phytagoras. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui kesulitan dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam memecahkan masalah teorema pythagoras. Kami menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan melibatkan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tinambung tahun 2022/2023 sebanyak 31 orang siswa. 6 dari 31 siswa kami pilih berdasarkanteknik purposive sampling yang mewakili kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kami menggunakan instrumen tes kemampuan memecahkan masalah dan pedoman wawancara yang telah divalidasi.. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan tingkat kemampuan kategori rendah mengalami kesulitan pada tahap melaksanakan rencana. Adapun faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memecahkan masalah teorema pythagoras adalah (1) minimnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah; (2) kurangnya motivasi siswa dalam menemukan solusi dari permasalahan yang diberikan; dan (3) minimnya ketelitian dan kehati-hatian siswa dalam menyelesaikan soal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...