Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Pengembangan E-Modul Berbasis Understanding by Design (UbD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Hidayat, Ayu Wahyuni (Unknown)
Sabil, Husni (Unknown)
Junita, Ranisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

UbD menganut prinsip backward design yang berfokus pada tujuan yang ingin dicapai dan pemahaman siswa. Tujuan yang ingin dicapai dan bukti ketercapaiannya disajikan pada setiap aktifitas pembelajaran sehingga pembelajaran berfokus pada siswa untuk membuktikan ketercapaian tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas e-modul berbasis UbD dalam peningkatan kemampuan spasial siswa yang dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kami menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Muaro JAMBI. Data diperoleh dari instrumen angket, tes kemampuan spasial, dan observasi. Penskoran data angket menggunakan skala Likert. E-modul berbasis UbD adalah hasil penelitian ini yang dapat meningkatkan kemampuan spasial siswa. Hasil persentase rata-rata dari kualitas produk: (a) kevalidan materi sebesar 92,5% dan desain sebesar 90,83% pada kategori sangat valid, (b) kepraktisan guru sebesar 95% dan siswa sebesar 86,815% pada kategori sangat praktis, (c) angket keefektifan sebesar 81,01% pada kategori sangat efektif dan skor N-gain sebesar 0,7411 berada pada kategori tinggi. Hasil observasi menunjukkan persentase rata-rata sebesar 92,06%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis UbD dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa. Kami merekomendasikan pendidik untuk penggunakan e-modul berbasis UbD yang memfokuskan ketercapaian tujuan pemebelajaran dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...