Berbagai masalah yang dirasakan bagi siswa ketika menyelesaikan masalah vektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman siswa terhadap konsep vektor dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui tes tertulis, wawancara, dan observasi di kelas. Siswa MA Al Washliyah 22 Tembung yang berada di kelas XII adalah subjek penelitian. Tes kemampuan untuk memahami sistem matematis dan lembar soal terdiri dari tiga soal tentang vekor posisi, vektor kolom dan titik koordinat didalam bidang yang digunakan. Siswa bertanggung jawab atas hasil jawaban mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam konteks soal-soal yang lebih kompleks, sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang cukup baik tentang konsep vektor di dalam bidang dan di dalam ruang. Berdasarkan hasil ini, guru harus menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontesktual dengan melibatkan siswa mereka. Mereka juga harus memberikan latihan yang menekankan kemampuan siswa untuk memahami konsep vektor di dalam bidang dan di dalam ruang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024