Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 4 (2024): October - December 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Elemen Bilangan Fase A pada Kurikulum Merdeka

Indahwati, Rohmah (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)
Aini, Septi Dariyatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran seperti scratch, geogebra, maupun aplikasi lain sangat penting bagi siswa di sekolah dasar, namun demikian belum ditemukan pengembangan media scratch pada elemen bilangan pada fase A. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis scratch elemen bilangan pada fase A pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini mempunyai 5 tahapan, yaitu: Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Develompent (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Kami menggunakan lembar validasi, angket dan lembar observasi untuk mengumpulkan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah media scratch elemen bilangan fase A pada kurikulum merdeka dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli pembelajaran dan media yang diperoleh sebesar 0,83 dan 0,82 dalam kategori validitas tinggi. Sedangkan angket kepraktisan yang diberikan guru dan siswa diperoleh hasil 92% dan 90% dengan kategori sangat praktis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...