PEDAGOGIKA
Vol 16 No 2 (2025): Vol 16 No 2 2025: Oktober

Pengaruh Alat Permainan Papan Gembira Edukatif Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Di Tk Kemala Bhayangkari 2 Tanjung Morawa

Tri Handayani, Aminda (Unknown)
Kurnia Gulo, Yofita (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 2 Tanjung Morawa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel berjumlah 25 anak dengan populasi 30 anak. Sampel dipilih melalui teknik simple random sampling, dengan cara melalui pencabutab nomor atau undian. Instrumen penelitian berupa lembar observasi kepercayaan diri berdasarkan lima indikator: pantang menyerah, berani mengemukakan pendapat, berani bertanya, mengutamakan usaha sendiri daripada bantuan, dan berpenampilan tenang. Hasil pretest menunjukkan sebagian besar anak berada pada kategori “belum berkembang” dan “mulai berkembang”. Setelah diberikan perlakuan berupa permainan papan gembira edukatif selama enam kali pertemuan, terjadi peningkatan signifikan ke kategori “berkembang sesuai harapan” dan “berkembang sangat baik”. Uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal, dan uji t menghasilkan nilai thitung > ttabel, sehingga hipotesis alternatif diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan alat permainan papan gembira edukatif terhadap kepercayaan diri anak. Permainan ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mampu menumbuhkan keberanian anak dalam berpendapat, bertanya, serta menunjukkan kemandirian dan ketenangan dalam menghadapi tantangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa permainan edukatif berbasis papan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi keberanian anak dalam berinteraksi, mengemukakan pendapat, serta tampil di depan umum. Melalui aktivitas bermain yang menyenangkan dan menantang, anak didorong untuk lebih aktif dan percaya diri

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...