Jurnal Cerdas Mendidik
Vol 4, No 2 (2025)

IMPLEMENTASI PENGAMALAN DASA DARMA PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGSARI 03 KABUPATEN DEMAK

Sakti, Femas Junianta (Unknown)
Ysh, A.Y. Soegeng (Unknown)
Setianingsih, Eka Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa, terutama di tingkat sekolah dasar. Salah satu metode yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter adalah melalui kegiatan kepramukaan, khususnya pengamalan Dasa Darma Pramuka SD Negeri Karangsari 03 Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengamalan Dasa Darma Pramuka berperan signifikan dalam membentuk karakter siswa, seperti religius, disiplin, tanggung jawab, peduli sosial, dan jujur. Kegiatan seperti upacara, perkemahan, dan pembiasaan nilai-nilai. Faktor pendukung meliputi dukungan sekolah, peran aktif pembina Pramuka, dan antusiasme siswa, sedangkan faktor penghambat berupa keterbatasan waktu dan kurangnya partisipasi orang tua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cm

Publisher

Subject

Education Other

Description

Cerdas Mendidik Journal is managed by the Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, PGRI University Semarang. The focus and scope of the journal are the results of research on education and learning at all levels, such as 1. Early Childhood Education 2. Basic Education 3. ...