Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 13, No 2 (2025)

Dampak Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendidikan Fisika (2015-2025): Literatur Sistematis, Analisis Jaringan

Riztanti, Desty Zafira (Unknown)
Kuswanto, Heru (Unknown)
Ferdanti, Aribah Chika (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini secara sistematis mengevaluasi tren dan perkembangan studi Discovery Learning dalam pembelajaran fisika periode 2015–Mei 2025 melalui analisis 20 artikel dari Scopus. Hasil menunjukkan dominasi penerapan pada topik fisika dasar, khususnya mekanika klasik, dengan pendekatan Guided Discovery Learning sebagai metode utama. Fokus penelitian meliputi peningkatan keterampilan berpikir kritis, integrasi teknologi digital, dan pengembangan kurikulum ilmiah, meskipun topik fisika lanjutan dan kolaborasi internasional masih terbatas. Studi ini merekomendasikan lima arah pengembangan ke depan, termasuk integrasi AR/VR, penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, serta inovasi kurikulum Discovery Learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...