Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 13, No 2 (2025)

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Wahid S, Syamsul (Unknown)
Herman, Nurul Muthmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis case study untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Jurusan Fisika angkatan 2023/2024 yang atas 4 kelas dengan jumlah mahasiswa sebanyak 113 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jadi total sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development). Adapun desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analize, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil belajar mahasiswa tergolong sangat tinggi dengan persentase mencapai 89% setelah diberikan bahan ajar berbasis case study. Data penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar berbasis case study yang dikembangkan sudah valid, sehingga dapat dimanfaatkan oleh tenaga pengajar di kampus untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...