Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan mindfulness terhadap peningkatan motivasi intrinsik pada siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan belajar anak-anak yang lebih mengandalkan motivasi ekstrinsik dibandingkan dorongan dari dalam diri mereka sendiri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi lapangan di SDN 09 Rajik, Bangka Belitung, penelitian ini melibatkan siswa kelas IV dan V, guru, orang tua, dan konselor sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mindfulness seperti pernapasan sadar, refleksi diri, dan mindful colouring mampu meningkatkan fokus, mengatur emosi, serta mendorong motivasi belajar yang berasal dari rasa ingin tahu dan kepuasan pribadi. Anak-anak lebih menjadi aktif, percaya diri, dan mandiri dalam proses belajar. Temuan ini menegaskan bahwa mindfulness merupakan strategi yang efektif untuk memperkuat motivasi intrinsik serta menciptakan lingkungan belajar yang sehat secara emosional dan akademik. Rekomendasi diberikan bagi pendidik, orang tua, dan institusi pendidikan untuk mengintegrasikan latihan mindfulness dalam aktivitas sehari-hari anak
Copyrights © 2025