Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN GAMIFIKASI KAHOOT DALAM MEMPENGARUHI KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Rizqi Alif Ifsyaussalam (Unknown)
Syahrial (Unknown)
Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan Aplikasi Kahoot dalam mempengaruhi keterlibatan belajar peserta didik di SDN 17/I Rantau Puri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 1 orang guru kelas V dan 18 peserta didik, sehingga total responden berjumlah 19 orang. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dengan 25 butir pernyataan yang mencakup tiga indikator, yaitu persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), dan persepsi kepuasan pengguna (perceived user satisfaction). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden terhadap penggunaan Aplikasi Kahoot berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata persentase keseluruhan sebesar 89,14%. Secara rinci, indikator kebermanfaatan memperoleh rata-rata 89,63%, indikator kemudahan penggunaan sebesar 88,33%, dan indikator kepuasan pengguna sebesar 89,46%. Temuan ini menunjukkan bahwa Aplikasi Kahoot dianggap bermanfaat, mudah digunakan, dan memberikan kepuasan dalam mendukung keterlibatan belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah Aplikasi Kahoot dapat dijadikan alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa, membantu guru dalam melaksanakan asesmen, serta mendorong pemanfaatan teknologi digital di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...