Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa yang masih rendah, masih banyak siswa yang belum memahami apa maksud dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru, Seringkali proses pembelajaran cenderung mengingat dan menghafal materi, serta kurang menggunakan pendekatan pembelajaran yang membuat siswa aktif dan kritis dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) karena mampu membangun pemahaman konsep, keterampilan berpikir kritis, toleransi, kreativitas dan rasa ingin tahu untuk memperbaiki proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa yang ada di kelas IV MI Darussalam Samarinda. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data penelitian, maka disimpulkan bahwa pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik pada siswa kelas IV MI Darussalam Samarinda. Hal ini dibuktikan pada perhitungan uji hipotesis menggunakan uji one sample t-test yaitu Signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat diputuskan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics.
Copyrights © 2025