Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Penguatan Program P5 Berbasis Pertanian SDIT Azdkia Ogan Ilir

Gustiar, Fitra (Unknown)
Budianta, Dedik (Unknown)
Purnama Ria, Rofiqoh (Unknown)
Seprila, Marlin (Unknown)
Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Pelaksanaan kurikulum Merdeka di Tingkat sekolah dasar, dilakukan dengan penguatan student agency dengan memperhatikan hak dan kemampuan peserta didik serta potensi wilayah sekolah. Pelaksanaan Pendidikan tidak hanya bertujuan meningkatkan potensi peserta didik, tetapi juga untuk membentuk karakter mereka. Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) disekolah merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kurikulum Merdeka di sekolah. P5 berbasis agribisnis merupakan upaya untuk mengenalkan bidang pertanian ke generasi muda. Ketersedian sumberdaya baik kompetensi guru maupun ketersediaan sarana prasarana pembelajaran menjadi kunci keberhasilan pencapaian pembelajaran di sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan sumberdaya sekolah dalam pelaksanaan program P5 berbasis agribisnis. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan, sebagai bagian dari progaram merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) kampus mengajar, yang melibatkan 10 mahasiswa program studi Agroekoteknologi Fakultas pertanian. dimana  mahasiswa berkegiatan di sekolah selama 3 bulan. Kegiatan mahasisawa ini akan direkognisi dengan 20 sks mata kuliah yang berkaitan dengan kegiatan yang telah dilakukan. Beberapa kegiatan utama yang dilakukan berupa 1) Peningkatan kopentensi guru terkait pertanian, 2) Penguatan sarana P5 berbasis pertanian, dan 3). Implementasi proyek P5 berbasis pertanian bersama siswa. dengan meningkatnya  kompetensi guru dan terbentuknya wahana pembelajaran berbasis agribisnis sehingga menciptakan suasana pembelajaran pertanian yang lebih menyenangkan dan pencapaian pembelajaran menjadi lebih baik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...