Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik spitting in the soup untuk meningkatkan karakter fairness siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pra-eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI Manajemen perkantoran SMK Swasta Imelda Medan. Instrument penelitian berupa angket karakter fairness yang di adaptasi dari Veronika Bota Goran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilxocon. Berdasarkan hasil uji statistic dengan wilxocon signed ranks test diperoleh bahwa nilai z sebesar -2.524 dengan nilai signifikan (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,012. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (a=0,05), hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengaan Teknik spitting in the soup efektif untuk meningkatkan karakter fairness siswa di SMK Swasta Imelda Medan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025