Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Spitting In The Soup Untuk Meningkatkan Karakter Fairness

Sahfitri, Rani (Unknown)
Syarqawi, Ahmad Syarqawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik spitting in the soup untuk meningkatkan karakter fairness siswa. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pra-eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI Manajemen perkantoran SMK Swasta Imelda Medan. Instrument penelitian berupa angket karakter fairness yang di adaptasi dari Veronika Bota Goran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilxocon. Berdasarkan hasil uji statistic dengan wilxocon signed ranks test diperoleh bahwa nilai z sebesar -2.524 dengan nilai signifikan (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar 0,012. Nilai signifikansi ini lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan (a=0,05), hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengaan Teknik spitting in the soup efektif untuk meningkatkan karakter fairness siswa di SMK Swasta Imelda Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...