Publikasi Pendidikan
Vol 15, No 3 (2025)

Pelatihan Pengembangan Desain Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) untuk Guru Sekolah Dasar

Susilana, Rudi (Unknown)
Ikanubun, Lucia Ekawati (Unknown)
Amelia, Della (Unknown)
Hadiapurwa, Angga (Unknown)
Dewi, Laksmi (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)
Anisa, Desy (Unknown)
Sipayung, Amy Theresia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Digulirkannya kebijakan pendekatan Pembelajaran Mendalam (PM) untuk implementasi kurikulum nasional, menjadi tantangan tersendiri bagi guru-guru di lapangan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk menjawab permasalahan mitra berupa keterbatasan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan konsep dan strategi Pembelajaran Mendalam (PM). Mitra kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Parongpong yang berjumlah 50 guru. Kegiatan yang dilaksanakan berupa intervensi terstruktur selama dua hari, meliputi: (i) pra-pelatihan dengan distribusi buku panduan PM yang memuat enam topik inti, (ii) pelatihan melalui penyampaian materi, diskusi, serta workshop praktik penyusunan desain pembelajaran, dan (iii) pascapelatihan berupa penguatan serta evaluasi tindak lanjut. Metode kegiatan mencakup asesmen awal dan akhir, praktik terbimbing, serta pendampingan langsung. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru dengan nilai normalized gain (N-gain) pada enam aspek PM berada pada kategori sedang (0,43–0,56); aspek prinsip PM memperoleh capaian tertinggi (0,56), sementara aspek pengembangan desain pembelajaran masih terendah (0,43) sehingga membutuhkan penguatan lanjutan. Evaluasi reaksi peserta juga memperlihatkan persepsi yang sangat positif (rata-rata ≥ 4,51/5) terhadap relevansi, kejelasan, manfaat praktis, kolaborasi, dan sikap reflektif. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru dalam merancang dan menerapkan Pembelajaran Mendalam, meskipun pendampingan berkelanjutan tetap diperlukan agar implementasi di kelas lebih optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pubpend

Publisher

Subject

Education

Description

Publikasi Pendidikan (ISSN 2088-2092 Print, ISSN 2548-6721 Online) published an article in the form of the results of thought, research and community service education. The focus and scope of the published article is about basic education or elementary school related to the theory and practice of ...