Pratyaksa: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 1 No. 4 (2025): (Oktober)

Kepemimpinan Transformasional dalam Penjaminan Mutu: Membina Iklim Proaktif

Komara, Diemas Arya (Unknown)
Yustikasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2025

Abstract

Di tengah tuntutan akuntabilitas pendidikan tinggi, banyak unit penjaminan mutu terjebak dalam kultur kerja reaktif yang menghambat efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami esensi pengalaman (lived experience) anggota tim penjaminan mutu di bawah kepemimpinan transformasional yang berupaya membangun iklim proaktif. Menggunakan pendekatan kualitatif-fenomenologis, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam semi-terstruktur dengan empat partisipan (Ketua, Sekretaris, dan Staf) dan dianalisis secara tematik. Hasil penelitian mengidentifikasi lima tema esensial: (1) transformasi identitas dari 'pengawas' menjadi 'mitra strategis'; (2) pemberdayaan melalui stimulasi intelektual; (3) iklim keamanan psikologis sebagai fondasi inovasi; (4) komunikasi transformatif melalui strategi 'dari data menjadi cerita'; dan (5) resolusi konflik berbasis empati. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional secara sistematis merekayasa ulang realitas organisasi dengan menciptakan keamanan psikologis sebagai prasyarat, yang kemudian memungkinkan pemberdayaan intelektual dan diekspresikan melalui komunikasi empatik untuk mengubah kultur reaktif menjadi proaktif.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Pratyaksa: Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora (JIPSH) adalah jurnal ilmiah yang bersifat peer-review dan akses terbuka yang menerbitkan hasil penelitian serta kajian kritis di bidang ilmu pendidikan, sosial, dan humaniora. Fokus jurnal mencakup berbagai topik, antara lain: Ilmu Pendidikan: ...