Journal of Education and Science (EDUSAINS)
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember 2024

Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) di Kelas VII

Feni Pratiwi (Unknown)
Wedra Aprison (Unknown)
Gema Hista Medika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia karena berperan dalam mengembangkan potensi diri serta memberdayakan sumber daya alam dan lingkungan untuk kesejahteraan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pembelajaran konvensional di MTsN 8 Agam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparison: Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Agam, dan sampel diambil secara acak (random sampling) yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, penerapan model kooperatif tipe TAI dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada jenjang SMP/MTs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Journal EDUSAINS : Journal of Education and Science publishes high-quality and innovative research on the frontier of all sciences with emphasis on mathematics education, mathematical sciences, nature science and Education; which include the fields of education and science : 1. Mathematics Education ...