Globalisasi telah membawa masuk berbagai budaya luar, yang secara alami memicu perubahan budaya dalam masyarakat. Dalam menghadapi dinamika ini, nilai-nilai tradisional seperti gotong royong yang mulai tergerus oleh perkembangan teknologi perlu diperkuat kembali, khususnya di kalangan siswa, agar tetap lestari. Penanaman nilai gotong royong sangat penting, terutama bagi siswa sekolah dasar. Pendidikan Pancasila menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat membantu menanamkan nilai tersebut, sekaligus mendorong rasa kebersamaan dan kerja sama di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya menanamkan nilai gotong royong melalui Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 66 guru sekolah dasar, dan data dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan semangat gotong royong adalah salah satu tujuan penting guru dalam mengajarkan Pendidikan Pancasila. Gotong royong mendorong siswa untuk saling membantu dan peduli, serta melalui kerja sama, mereka dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efektif, meningkatkan partisipasi, dan menghasilkan pencapaian yang lebih optimal.
Copyrights © 2024