Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an
Vol 8 No 2 (2024): Desember 2024

Implementasi Karakter Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar

Jayanti, Tarisa (Unknown)
Istiqomah , Lailatul (Unknown)
Kurniawan, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Globalisasi telah membawa masuk berbagai budaya luar, yang secara alami memicu perubahan budaya dalam masyarakat. Dalam menghadapi dinamika ini, nilai-nilai tradisional seperti gotong royong yang mulai tergerus oleh perkembangan teknologi perlu diperkuat kembali, khususnya di kalangan siswa, agar tetap lestari. Penanaman nilai gotong royong sangat penting, terutama bagi siswa sekolah dasar. Pendidikan Pancasila menjadi salah satu mata pelajaran yang dapat membantu menanamkan nilai tersebut, sekaligus mendorong rasa kebersamaan dan kerja sama di kalangan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya menanamkan nilai gotong royong melalui Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 66 guru sekolah dasar, dan data dianalisis menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan semangat gotong royong adalah salah satu tujuan penting guru dalam mengajarkan Pendidikan Pancasila. Gotong royong mendorong siswa untuk saling membantu dan peduli, serta melalui kerja sama, mereka dapat menyelesaikan tugas dengan lebih efektif, meningkatkan partisipasi, dan menghasilkan pencapaian yang lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tamancendekia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Taman Cendekia memfasilitasi dosen, guru dan tenaga pendidik untuk mempublikasikan karya ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun kajian pustaka yang berkaitan dengan pendidikan ke-SD-an. Jurnal Taman Cendekia terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember dan diterbitkan oleh ...