Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 1 (2025)

Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Teks Iklan Berbantuan Sumber Belajar Multimodal

Maghfiroh, Anna (Unknown)
Yuni Pratiwi (Unknown)
Karkono, Karkono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran menulis teks iklan berbantuan sumber belajar multimodal. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1985), Research and Development yang terdiri dari tujuh tahapan, (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan desain, (4) tahap uji ahli, (5) tahap revisi, (6) tahap uji coba lapangan terbatas, dan (7) revisi produk akhir. Hasil akhir produk ini berupa model pembelajaran yang terdiri dari sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, dan sistem pendukung. Sintaks pembelajaran terdiri dari tahap memotivasi siswa, menyajikan infromasi, mengorganisir siswa, memberikan stimulus, memberikan pelatihan, dan mempresentasikan hasil kegiatan dan evaluasi. Berdasarkan hasil uji ahli dan praktisi, diketahui bahwa produk melampaui 80% kriteria layak. Dengan demikian, model pembelajaran ini layak dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran menulis teks iklan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...