Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterampilan literasi informasi mahasiswa dalam penulisan esai dengan tema kritik terhadap lingkungan (ekokritik). Literasi informasi adalah sebuah keterampilan atau kemampuan yang dibutuhkan pada zaman sekarang. Keterampilan literasi informasi yang baik akan memberikan dampak yang besar bagi seseorang dalam menafsirkan sebuah informasi terkait kebenaran informasi tersebut. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa MKU Bahasa Indonesia tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yang dipilih secara random sampling. Indikator yang digunakan dalam menganalisis esai siswa terkait keterampilan literasi informasi dalam penelitian ini berdasarkan Association of College and Research Libraries (ACRL) yang disesuaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 46.67% yang kurang kompeten, 40% cukup kompeten, 6.6% yang kompeten, dan 6.6% yang sangat kompeten. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa belum memiliki keterampilan literasi informasi yang baik terhadap kritik lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menemukan informasi terkait hal tersebut padahal kritik terhadap lingkungan adalah karangan yang seharusnya menarik.
Copyrights © 2025