Studi ini meneliti penggunaan lagu sebagai metode pengajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pemahaman tata bahasa Arab, dengan fokus pada Naḥwu dan Ṣaraf berdasarkan buku teks Qaidati. Ini membahas masalah rendahnya keterlibatan dan pemahaman siswa yang diakibatkan oleh metode pengajaran tradisional yang monoton. Tujuan utamanya adalah untuk menilai efektivitas pembelajaran berbasis lagu sebagai alternatif yang kreatif dan interaktif. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan, yang melibatkan observasi kelas dan wawancara dengan guru dan siswa kelas tujuh di sekolah menengah pertama Islam yang menggunakan Qaidati. Temuan menunjukkan bahwa menggabungkan lagu-lagu baik dari puisi Arab klasik atau yang diadaptasi dari lagu anak-anak yang familiar sangat meningkatkan daya ingat, partisipasi, dan antusiasme siswa. Pendekatan ini terutama bermanfaat bagi pelajar auditori. Studi ini menyimpulkan bahwa menggunakan lagu dalam pengajaran tata bahasa adalah strategi yang efektif dan sesuai konteks dalam pemahaman tata bahasa, menciptakan pengalaman belajar bahasa Arab yang lebih menarik dan bermakna untuk tingkat awal hingga menengah.
Copyrights © 2025