Terdapat berbagai permasalahan yang berkaitan dengan faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 44 Kota Bima antara lain, hasil belajar siswa rendah, motivasi belajar siswa cukup kurang, siswa kurang memahami pembelajaran IPS. Oleh karena itu, Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 44 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data penelitian melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI berjumlah 19 orang. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman meliputi tahap reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, serta waktu. Hasil penelitian menujukkan bahwa kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPS DI SDN 44 Kota Bima meliputi kesulitan dalam memahami materi belajar, keterbatasan sumber belajar yang tersedia, kurangnya minat terhadap pembelajaran IPS, serta pelaksanaan pembelajaran masih belum berjalan dengan baik. kesulitan dalam proses pembelajaran, kurangnya sarana prasarana sekolah, dukungan orang tua, metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai dengan perkembangan peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025