Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan sebelum sekolah dasar pada masa ini, anak berada pada periode emas perkembangan, sehingga memerlukan stimulasi dan pendampingan yang tepat agar potensi dirinya berkembang secara optimal. Salah satu bentuk dukungan yang berperan penting adalah bimbingan dan konseling belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi penerapan bimbingan dan konseling belajar pada anak usia dini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan di PAUD. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (library research) dengan menelaah berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, hasil penelitian terdahulu, serta kebijakan pemerintah terkait pendidikan anak usia dini. Data dianalisis secara deskriptif melalui proses identifikasi, sintesis, dan interpretasi terhadap temuan dari berbagai literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling belajar di PAUD berfungsi untuk membantu anak mengenali dirinya, mengembangkan kemampuan belajar, serta mengatasi hambatan belajar yang mungkin dialami. Guru PAUD berperan sebagai pembimbing dan konselor sederhana yang membantu anak melalui kegiatan bermain, bercerita, dan interaksi edukatif. Selain itu, kolaborasi antara guru dan orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan layanan ini.
Copyrights © 2023