Ta'dib
Vol. 15 No. 2 (2025): September 2025

Strategi Reward-Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Diana, Asdiana (Unknown)
Surbakti, Andika Hariyanto (Unknown)
Suhaini, Suhaini (Unknown)
Rahmadhani, Elfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari kegiatan transfer ilmu pengetahuan yang menuntut guru untuk mampu mengelola kelas secara efektif dan memilih metode pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan metode pemberian reward (penghargaan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVD di MIN 8 Aceh Tengah serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi guru dalam penerapannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 39 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 20% pada pra-siklus, meningkat menjadi 54% pada siklus I, dan mencapai 85% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, meskipun dalam pelaksanaannya guru masih menghadapi kendala dalam konsistensi pemberian penghargaan dan pengelolaan waktu pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tdb

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TADIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-IAIN Takengon). Tadib menyediakan platform yang menyambut baik makalah penelitian empiris orisinal tentang Jurnal Pemikiran Pendidikan yang ditulis ...