Kajian ini berlandaskan dengan dari situasi pendidikan di sekolah dasar yang masih minim akan perubahan dalam pemberian materi secara digital. Selain itu, kurangnya variasi tersebut membuat siswa kurang tertarik dan tidak mau ikut andil dalam belajar. Kajian ini bermaksud memaparkan keefektifan komik digital dalam meningkatkan minat siswa dalam belajar IPA. Dengan kajian yang digunakan adalah kuantitatif. Kajian dilakukan di SDN 060834 Medan dengan siswa kelas VI sebanyak 25 siswa sebagai subyek kajian, dengan data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara dan angket. Dan selanjutnya data itu dianalisis melalui deskriptif kuantitatif yang bermakna memaparkan hasil peningkatan minat belajar siswa yang didapat dari sebaran angket sebelum dan setelah diterapkannya komik digital dalam belajar IPA. Hasil kajian memaparkan dengan diterapkannya komik digital minat siswa menjadi meningkat, terbukti peningkatan sebanyak 43% dari sebelum dengan komik digital minat siswa hanya 47% capaian kurang baik dan kini setelah diterapkan komik digital menjadi 90% capaian sangat baik. Sehingga dikonklusikan komik digital yang diterapkan dalam belajar IPA memiliki keefektifan yang sangat tinggi dalam meningkatan minat belajar siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2023