PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Makna Pelaksanaan Tradisi Aggalara’ pada Acara Pasunna’ di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan

Henri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji lebih intensif makna dari tradisi aggalara’ yang dilakukan saat acara pasunna’ di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Tradisi ini bukan sekadar upacara biasa, ia menjadi cerminan budaya yang penuh nilai dan makna sosial. Tidak hanya sebagai ritual, aggalara’ juga berperan sebagai alat yang dinamis untuk menyampaikan berbagai makna kepada masyarakat sekitar.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memperdalam penelitian maka peneliti akan menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons dalam menganalisis berbagai hal dalam tradisi aggalara’ sehingga dapat diperoleh analisis yang intensif terkait makna pelaksanaan tradisi aggalara’ pada acara pasunna’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa makna pelaksanaan tradisi aggalara’, Pertama, sebagai jembatan yang menghubungkan generasi lama dan muda, tradisi ini menjadi cara yang efektif untuk menularkan nilai-nilai, cerita leluhur, dan pengalaman secara nyata kepada generasi muda. Kedua, aggalara’ bermakna sebagai simbol persatuan masyarakat yang beraneka ragam, menunjukkan semangat inklusivitas dengan melibatkan berbagai kelompok dalam komunitas. Ketiga, tradisi ini memperkuat posisi nilai lokal di tengah arus modernisasi yang terus berkembang, sehingga adat tetap dihargai dan diakui di ruang publik. Keempat, pelaksanaan aggalara’ menarik perhatian para akademisi untuk mempelajari budaya lokal secara lebih mendalam dan terdokumentasi dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...