PESHUM
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Peran Pelaksanaan Tradisi Aggalara’ pada Acara Pasunna’ di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan

Henri (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran pelaksanaan tradisi aggalara’ selama acara pasunna’ di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, dalam memperkuat struktur sosial dan budaya masyarakat setempat. Tradisi aggalara’ adalah sebuah upacara sakral yang memiliki makna sosial, spiritual, dan simbolik yang mendalam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode etnografi, termasuk observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan tokoh adat serta masyarakat luas, dan dokumentasi langsung terhadap prosesi upacara. Untuk memahami bagaimana tradisi aggalara’ berperan secara sosial dan budaya, penelitian ini mengadopsi teori Struktural Fungsionalisme dari Talcott Parsons, terutama kerangka kerja AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aggalara’ lebih dari sekadar warisan budaya; ia memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan sosial. Pertama, tradisi ini menjadi saluran penyelesaian konflik sosial, dengan menciptakan ruang dialog dan rekonsiliasi yang sakral, sehingga mampu meredam ketegangan antarwarga. Kedua, tradisi ini memiliki potensi sebagai daya tarik wisata budaya yang dapat mendorong pengenalan budaya lokal ke tingkat nasional maupun internasional. Ketiga, aggalara’ berperan sebagai alat sosialisasi norma dan nilai adat yang diwariskan secara turun-temurun, khususnya kepada generasi muda. Keempat, tradisi ini juga mendorong munculnya kreativitas seni lokal, seperti musik tradisional ganrang, busana adat, serta ekspresi dekoratif khas Jeneponto.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...