Penelitian ini mengembangkan Website Belajar Iqra’ Isyarat untuk membantu anak tunarungu di SLB Negeri 1 Makassar dalam mempelajari huruf hijaiah. Rumusan masalah mencakup empat aspek utama, yaitu analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran berbasis website, prosedur pengembangannya, bentuk prototipe yang dihasilkan, serta validitas dan kepraktisan media tersebut. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan uji kepraktisan, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website belajar Iqra’ isyarat ini dinyatakan layak berdasarkan uji validitas dan kepraktisan, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran huruf hijaiah bagi siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Makassar. Temuan ini membuktikan bahwa pengembangan media digital berbasis website efektif dalam mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus, khususnya dalam mengenalkan huruf hijaiah dengan metode isyarat.
Copyrights © 2025