Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan LUSI (Ludo Literasi) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN 101660 Bahal. Penelitian ini dilakukan karena media pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik dan interaktif, sehingga berdampak pada rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket, dan tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran LUSI memperoleh penilaian sebesar 95% dari ahli materi (kategori sangat layak), 73% dari ahli media tahap I (kategori layak dengan revisi), 97% dari ahli media tahap II (kategori sangat layak), dan 98% dari praktisi pendidikan (kategori sangat praktis). Untuk mengukur efektivitas media, dilakukan uji pretest dan posttest yang menghasilkan nilai rata-rata N-gain sebesar 67,2%, termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran LUSI dinyatakan layak, praktis, dan cukup efektif digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi Menghargai Keberagaman Suku Bangsa.
Copyrights © 2025