Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam pengaruh penggunaan media sosial TikTok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terhadap pengalaman belajar dan pemahaman konsep siswa kelas V. Latar belakang penelitian ini didorong oleh fenomena popularitas TikTok di kalangan siswa dan potensi eksplorasinya sebagai alat bantu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah sekelompok siswa kelas V di sebuah sekolah dasar di Surabaya yang aktif menggunakan TikTok dan menunjukkan minat pada pembelajaran IPA. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumen (konten TikTok terkait IPA). Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi pola, kategori, dan makna terkait pengalaman belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dapat meningkatkan motivasi belajar, memfasilitasi pemahaman konsep IPA yang kompleks melalui visualisasi dan narasi singkat, serta mendorong kreativitas siswa dalam mengeksplorasi materi pelajaran. Namun, tantangan seperti potensi distraksi dan perlunya kurasi konten yang cermat juga teridentifikasi. Temuan ini memberikan wawasan tentang bagaimana TikTok dapat diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran IPA untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa kelas V.
Copyrights © 2025