Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan
Vol 4 No 3: Oktober (2025)

Peran Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle dalam Mendorong Impulsive Buying Pengguna E-Commerce Shopee di Surabaya

Mutiara, Aprillia Stevani (Unknown)
Puspitasari, Devi (Unknown)
Ariyanto, Eko April (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle dengan impulsive buying pada dewasa awal pengguna e-commerce Shopee di Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Subjek penelitian ini sebanyak 394 orang pengguna e-commerce Shopee yang berdomisili di Surabaya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara online menggunakan google form dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan searah yang cukup kuat pada hedonic shopping motivation dan impulsive buying dengan skor korelasi 0,036. Pada variabel shopping lifestyle dan impulsive buying juga menunjukkan adanya korelasi cukup kuat dengan skor korelasi sebesar 0,020. Artinya terdapat hubungan positif yang cukup kuat anatar ketiga varaibel sehingga semakin besar hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle yang dimiliki maka semakin besar pula tingkat impulsive buying yang dimiliki oleh individu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajpp

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan atau di singkat dengan (AJPP) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil-hasil penelitian terbaru, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Psikologi, konseling, pendidikan secara umum. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (Ajpp) terbit 3 (tiga) ...