Studi ini menyelidiki efektivitas aplikasi Memrise dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris Hukum mahasiswa dalam konteks pendidikan tinggi Islam di Indonesia. Menggunakan desain pra-eksperimental satu kelompok, yaitu pra-tes-pasca-tes, 24 mahasiswa S1 dari program Hukum Keluarga Islam berpartisipasi selama empat minggu. Data dikumpulkan melalui pra-tes dan pasca-tes serta kuesioner persepsi. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam performa kosakata mahasiswa setelah menggunakan Memrise (t(23) = 12,37, p < 0,001) dengan ukuran efek yang besar (Cohen's d = 1,85). Mahasiswa juga menyatakan persepsi yang sangat positif mengenai motivasi, kegunaan, dan kepuasan belajar (M = 4,31, SD = 0,48). Temuan ini menegaskan bahwa fitur-fitur gamifikasi multimoda Memrise—menggabungkan pengulangan, visual, dan audio—memfasilitasi pemerolehan kosakata dan keterlibatan pembelajar yang efektif. Studi ini menyimpulkan bahwa mengintegrasikan Memrise ke dalam mata kuliah Bahasa Inggris untuk Tujuan Tertentu (ESP), seperti Bahasa Inggris Hukum, dapat meningkatkan penguasaan leksikal, mendorong pembelajaran mandiri, dan mendukung integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan bahasa digital
Copyrights © 2025