Pengembangan soal yang mengukur kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) merupakan aspek fundamental yang mendukung pembelajaran kimia yang bermakna. Studi ini dirancang untuk mengevaluasi tingkat kognitif dari soal HOTS pada materi konfigurasi elektron dalam pembelajaran kimia SMA/MA. Kajian ini mengisi celah penelitian sebelumnya yang lebih banyak menilai aspek validitas atau kesukaran soal tanpa mengkaji kedalaman kognitif berdasarkan taksonomi berpikir. Pendekatan deskriptif kualitatif diterapkan dalam penelitian ini melalui metode studi konten. Analisis data dilakukan terhadap sepuluh butir soal pilihan ganda yang disusun oleh para guru kimia dan digunakan dalam evaluasi pembelajaran. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa mayoritas soal mengukur keterampilan berpikir pada level kognitif rendah hingga sedang, dan hanya sedikit yang mencapai kategori HOTS (level analisis, evaluasi, atau mencipta). Dari total soal, 7 dinyatakan valid, sedangkan 3 lainnya tidak valid. Dari segi reliabilitas, soal pada KD 1 tergolong tidak reliabel. Analisis tingkat kesukaran menunjukkan 60% soal tergolong sedang, 40% mudah, dan tidak ada yang tergolong sukar. Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam penyusunan soal agar lebih menantang secara kognitif dan sesuai dengan karakteristik soal HOTS.
Copyrights © 2025