Keterampilan berpikir tingkat tinggi di abad 21 sangat urgen diteliti dan merupakan salah satu dimensi profil lulusan peserta didik kurikulum ditahun 2025. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan asemen kinerja praktikum: valid dan reliable, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang diterapkan pra-eksperimen semu, dengan tahapan 1) merancang asesmen kinerja praktikum, 2) membuat instrument penelitian; 3) perangkat pembelajaran, 4) mengembangkan tes berpikir tingkat tinggi, 5) menerapkan asesmen kinerja praktikum, 6) melakukan pretest dan postest, dan 7) analisis data. Sampel penelitian calon guru ilmu pengerahuan alam kelas A (n = 31, dankelas B (n=21). Hasil penelitian asesmen kinerja praktikum dan perangkat pembelajaran: 1) valid dengan nilai validitas (Vr = 1) dan nilai reliabilitas R = 100%; 2) keefektifan dengan skor rata – rata keterampilan berpikir tingkat tinggi kelas A dan B masing-masing sebesar 100% dan81% dan skor rata-rata respon mahasiswa kelas A dan B masing-masing 100% (positif); 3) kepraktissan dengan skor rata-rata keterlakasanaan kelas A dan B masing-masing 99.5% dan 99.67 (terlaksana)
Copyrights © 2025