Penguasaan keterampilan menulis artikel ilmiah populer menjadi salah satu bentuk penguatan literasi yang penting bagi guru Bahasa Indonesia. Namun, tidak sedikit guru yang mengalami kendala dalam memahami struktur, gaya bahasa, serta teknik publikasi artikel populer. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menulis artikel ilmiah populer melalui pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada anggota MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Kudus. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap persiapan, pelatihan, dan pendampingan individu. Pelatihan dilakukan secara partisipatif melalui kombinasi sesi materi dan praktik langsung. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terhadap materi kepenulisan, yang ditunjukkan melalui banyaknya artikel yang berhasil disusun, serta siap untuk dipublikasikan di platform online. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa mayoritas peserta merasa puas dengan pelaksanaan kegiatan ini. Pelatihan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kompetensi literasi guru, serta dapat direplikasi dalam skala lebih luas untuk mendukung budaya literasi dan publikasi di kalangan pendidik.
Copyrights © 2025