Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 9, No 2 (2024): Bioedusiana

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Articulate Storyline 3 Materi Sistem Koordinasi Manusia

Fadhilah H.M, Nurul (Unknown)
Rivai, Andi Tenri Ola (Unknown)
Syamsul, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Materi sistem koordinasi manusia memiliki karakteristik yang kompleks dan abstrak sehingga sering menyulitkan siswa memahaminya. Diperlukan media pembelajaran interaktif untuk memvisualisasikan materi dan meningkatkan keterlibatan siswa guna mengatasi masalah rendahnya hasil belajar pada materi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 serta menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 2 Takalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan skor rata-rata 3,80. Tingkat kepraktisan media juga sangat tinggi, ditinjau dari respon guru (95,31%) dan respon siswa (85,18%) dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media terbukti dari tercapainya ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% dan perolehan nilai rata-rata N-gain skor 0,72, yang menunjukkan peningkatan hasil belajar dalam kategori tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada materi sistem koordinasi manusia ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...