JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Strategi Belajar Peer Tutoring terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Penurunan Anxiety Fisika pada Mata Kuliah Fisika Dasar I

Don Jaya Putra (Unknown)
Aprilita Ekasari (Unknown)
Tutik Yuliatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2025

Abstract

Persoalan yang kerap ditemukan pada mahasiswa baru Pendidikan Fisika Universitas Musamus adalah rendahnya tingkat pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar fisika dan operasi matematika sederhana sehingga memunculkan rasa kecemasan (anxienty) dalam belajar fisika. Salah satu strategi untuk membantu mahasiswa dalam belajar fisika dan mengurangi anxiety adalah strategi Peer Tutoring. Topik yang dipilih pada penelitian ini adalah topik Vektor dan Gerak Lurus dalam mata kuliah Fisika Dasar I. Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Experimental dengan Pretest-Posttest Control Group Design pada satu kelas yang terdiri dari 10 mahasiswa. Pembelajaran topik Vektor menggunakan metode konvensional sebagai kelas kontrol, sedangkan topik Gerak Lurus menggunakan strategi Peer Tutoring sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berbasis konsep dan aplikasi serta kuesioner Physics Anxiety Rating Scale (PARS). Data dianalisis menggunakan Paired Sample t-test dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peningkatan hasil belajar yang signifikan pada topik Gerak Lurus dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 (kategori tinggi) dibandingkan topik Vektor dengan N-Gain 0,45 (kategori sedang); (2) Penurunan tingkat anxiety yang signifikan dari kategori sedang menjadi kategori rendah setelah penerapan Peer Tutoring. Simpulan penelitian membuktikan bahwa strategi Peer Tutoring efektif meningkatkan pemahaman konseptual dan menurunkan kecemasan akademik mahasiswa dalam maka kuliah Fisika Dasar I.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...