Tujuan terciptanya karya ini adalah untuk menciptakan karya seni grafis menggunakan teknik relief print sebagai media edukasi yang dapat memperkuat kesadaran masyarakat terutama remaja. Oleh karena itu penulis menciptakan karya yang berjudul “Dampak judi online terhadap remaja sebagai ide penciptaan seni grafis (relief print)” dan bentuk gambaran dampak yang terjadi dilingkungan masyarakat, keluarga, terutama pada remaja. Metode penciptaan yang digunakan adalah metode konsorsium seni melalui lima tahapan berkarya yakni: (1) persiapan, meliputi observasi dan eksplorasi: (2) elaborasi, mencakup pengumpulan referensi: (3) sintesis, yaitu penerapan ide pokok: (4) realisasi konsep melalui pembuatan karya: dan (5) tahap penyelesaian berupa penyusunan laporan dan pameran karya akhir. Perwujudan dari metode yang digunakan terdapat sepuluh buah karya seni grafis yang berukuran 40 x 50 cm yang menggambarkan dampak judi online terhadap remaja. Karya-karya tersebut berjudul: Terjebak Dalam Mesin, Brainwash, Mengorbankan, Bakar Masa Depan, Hutang, Depresi, Hipnotis Judi Digital, Tuntutan, Kehancuran, dan Terlena.
Copyrights © 2025