JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Hubungan Status BMI, Pola Sedentari dengan Frekuensi Dismenore pada Mahasiswi FK Unesa

Zakaria, Meylani (Unknown)
Wulandari, Evy (Unknown)
Mustofa, Vina Firmanty (Unknown)
Aryudaningrum, Nastiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Dismenore merupakan nyeri menstruasi yang berdampak signifikan terhadap aktivitas sehari-hari. BMI. Gaya hidup merupakan salah satu faktor dismenore. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara BMI, sedentary lifestyle, dan frekuensi dismenore pada populasi mahasiswa FK Unesa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi Fakultas Kedokteran yang berjumlah 155 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 112 siswi yang diambil dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi karakteristik responden, status BMI, dan kuesioner Past-day Adults' Sedentary Time-University (PAST-U). Metode analisis yang digunakan adalah uji Spearman Rank dengan nilai p-value <0,05. Hasil penelitian ini sebagian besar siswi berstatus BMI normal yaitu sebanyak 67 orang (59,8%), 28 responden (25,0%) kategori underweight, 10 responden (8,9%) overweight, dan 7 responden (6,3%) kategori obesitas. Sebanyak 75 orang (67,0%) memiliki gaya hidup sedentary tinggi, 35 responden (31,3%) memiliki gaya hidup sedentary sedang, dan 2 responden (1,8%) memiliki gaya hidup sedentary rendah. Sebanyak 35 responden (31,3%) jarang mengalami dismenore, 31 responden (27,7%) selalu mengalami dismenorea, 30 responden (26,8%) kadang-kadang mengalami dismenorea, dan 16 responden (14,3%) sering mengalami dismenorea.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...