JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Tantangan dan Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Teks Negosiasi SMK N 1 Percut Sei Tuan

Hutagaol, Atnes (Unknown)
Sinaga, Dian Sastra Pratama (Unknown)
Harahap, Safinatul Hasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan solusi pembelajaran teks negosiasi di SMK Negeri 1. Percut Sei Tuan. Berdasarkan wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas X TKR 1, ditemukan bahwa sebagian siswa mengalami kesulitan dalam memahami unsur dan struktur teks negosiasi, terutama dalam menghubungkan teori dengan praktik. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa metode ceramah yang dominan menyebabkan siswa kurang memahami konsep negosiasi secara mendalam. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan solusi metode ceramah dengan pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) sebagai alternatif yang lebih efektif. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoretis tetapi juga mampu menerapkan konsep dalam situasi nyata melalui diskusi dan simulasi. Diharapkan kombinasi strategi ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. komunikasi, dan negosiasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...