JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Penerapan Metode Pembelajaran Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Nuraini Desa Terutung Seperai

Munadia, Khairani (Unknown)
Sit, Masganti (Unknown)
Basri, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui penerapan metode pembelajaran proyek di TK Nuraini, Aceh Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 15 anak kelompok B berusia 5–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak setelah penerapan metode proyek. Pada siklus I, rata-rata capaian kreativitas sebesar 58,6% meningkat menjadi 79,88% pada siklus II. Anak tampak lebih mandiri, percaya diri, serta mampu menghasilkan karya yang lebih orisinal dan bervariasi. Dengan demikian, metode pembelajaran proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...