Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui penerapan metode pembelajaran proyek di TK Nuraini, Aceh Tenggara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 15 anak kelompok B berusia 5–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas anak setelah penerapan metode proyek. Pada siklus I, rata-rata capaian kreativitas sebesar 58,6% meningkat menjadi 79,88% pada siklus II. Anak tampak lebih mandiri, percaya diri, serta mampu menghasilkan karya yang lebih orisinal dan bervariasi. Dengan demikian, metode pembelajaran proyek terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini.
Copyrights © 2025