JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Macam-Macam Gaya Kelas IV SDN Telang 1

Rohandy, Urvia Zahna (Unknown)
Hamida, Rika Nur (Unknown)
Saedeh, Saedeh (Unknown)
Rozie, Fachrur (Unknown)
Andini, Fika Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesulitan belajar siswa kelas IV SDN Telang 1 dalam memahami konsep macam-macam gaya pada mata pelajaran IPAS. Hasil tes dan observasi menunjukkan rata-rata nilai siswa hanya 36, menandakan pemahaman masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi, membedakan, dan menjelaskan gaya dorong, tarik, gesek, dan gravitasi. Hambatan tidak hanya bersifat kognitif, tetapi juga afektif dan aplikatif, seperti kesulitan mengaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Faktor penyebab utamanya meliputi metode pembelajaran yang teacher-centered, minimnya media konkret dan eksperimen, serta rendahnya kepercayaan diri dan partisipasi siswa. Berdasarkan teori konstruktivisme dan tahap operasional konkret Piaget, siswa SD membutuhkan pembelajaran berbasis pengalaman nyata agar konsep lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, strategi pembelajaran kontekstual dan interaktif seperti inkuiri atau discovery learning sangat diperlukan. Pendekatan ini membantu siswa membangun pemahaman konsep gaya secara bertahap, mendalam, dan bermakna

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...