Penelitian ini bertujuan untuk melakukan rekonstruksi konseptual terhadap pengertian, tujuan, dan manfaat Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam bingkai pendidikan Islam sebagai tanggapan atas minimnya penerapan pendekatan transformatif dalam pembelajaran SKI. Menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menelaah dan mensintesis literatur ilmiah terbitan tahun 2020–2025. Data diperoleh melalui pencarian artikel di basis data seperti Google Scholar dan Moraref, dengan pemilihan sumber menggunakan teknik purposive serta snowball sampling. Analisis data dilakukan melalui pendekatan tematik menggunakan tahapan open dan axial coding terhadap berbagai teks akademik. Hasil kajian mengidentifikasi tiga tema utama, yaitu reinterpretasi konsep historis-kultural SKI, transformasi tujuan pembelajaran yang lebih transformatif, serta peran SKI dalam membentuk identitas keislaman peserta didik. Temuan ini berkontribusi secara teoretis pada pengembangan model pembelajaran SKI yang relevan secara kontekstual dan merekomendasikan riset lapangan lanjutan untuk menguji penerapannya.
Copyrights © 2025