JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Rekonstruksi Konseptual Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Sejarah Kebudayaan Islam dalam Perspektif Pendidikan Islam

Badawi, Ahmad (Unknown)
Hudzaifah, Addha Muzaky (Unknown)
Albuny, Ahmad Syihabudin (Unknown)
Reynata, Arya Trenady (Unknown)
Kandedes, Iin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan rekonstruksi konseptual terhadap pengertian, tujuan, dan manfaat Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam bingkai pendidikan Islam sebagai tanggapan atas minimnya penerapan pendekatan transformatif dalam pembelajaran SKI. Menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menelaah dan mensintesis literatur ilmiah terbitan tahun 2020–2025. Data diperoleh melalui pencarian artikel di basis data seperti Google Scholar dan Moraref, dengan pemilihan sumber menggunakan teknik purposive serta snowball sampling. Analisis data dilakukan melalui pendekatan tematik menggunakan tahapan open dan axial coding terhadap berbagai teks akademik. Hasil kajian mengidentifikasi tiga tema utama, yaitu reinterpretasi konsep historis-kultural SKI, transformasi tujuan pembelajaran yang lebih transformatif, serta peran SKI dalam membentuk identitas keislaman peserta didik. Temuan ini berkontribusi secara teoretis pada pengembangan model pembelajaran SKI yang relevan secara kontekstual dan merekomendasikan riset lapangan lanjutan untuk menguji penerapannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...